Beberapa Pelanggaran pada Permainan Sepak Bola

Beberapa Pelanggaran pada Permainan Sepak Bola

  • February 27, 2021

backlinks4you.org – Permainan yang beranggotakan 11 orang ini memiliki aturan sendiri yang harus dipatuhi oleh seluruh pemain saat di lapangan. Permainan akan dipimpin oleh wasit sebagai seseorang yang mengatur berjalannya pertandingan dan memberikan peringatan jika pemain melakukan pelanggaran aturan. 

Pemain sepak bola yang melakukan pelanggaran akan diberikan kartu merah dari wasit yang berarti bahwa pemain itu tidak bisa mengikuti pertandingan saat itu. Pemain harus diganti dan keluar dari lapangan. Berikut ini beberapa isyarat wasit untuk memudahkan pemahaman Anda dalam permainan ini. Simak dengan selesai!

Mengetahui Wasit Saat Berada di Lapangan 

  1. Gerakan tangan menunjuk ke depan setelah pelanggaran untuk mengisyaratkan advantage atau keuntungan. Wasit menunjukan tangan sejajar di depan tubuh pada gawang tim yang memiliki keuntungan atau kesempatan. Saat sedang melakukan ini, wasit tidak akan meniupkan peluit. 

Ini terjadi ketika salah satu tim melanggar peraturan ringan, namun tim yang dilanggar masih ada keuntungan sehingga wasit meneruskan permainan dan memberikan isyarat ini dibanding dengan memberikan pelanggaran. 

Contoh kasus ketika pemain bek melanggar penyerang tim lawan namun penyerang dapat mencetak gol. Dalam keadaan pelanggaran yang sangat parah bisa saja wasit menghentikan permainan dan memberikan kesempatan untuk membuat tendangan bebas bagi tim dilanggar itu. 

  1. Meniup peluit dengan tangan menunjuk ke depan berarti memberikan tendangan bebas secara langsung. Wasit akan menunjuk pada tim menyerang dengan tangan yang tidak memegang peluit. 
  2. Menunjuk atas untuk tendangan bebas tidak langsung. Wasit langsung menunjuk ke langit dengan tangannya. Kemudian wasit menjelaskan mengenai tim yang dapat melakukan tendangan. tangan wasit yang masih ditahan di atas. 
  3. Wasit menunjuk titik penalti agar dilakukan tendangan penalti. Suara peluit yang dikeluarkan biasanya panjang dan kuat dengan tangan yang menunjuk area penalti. Ini terjadi karena tim telah melakukan sebuah pelanggaran ketika dalam kotak penalti. 
  4. Pelanggaran sedang yang tidak terlalu berat dinyatakan dengan pemberian kartu kuning. ini merupakan peringatan bagi pemain untuk tidak melakukan kesalahan lain. ketika pemain mendapatkan dua kartu kuning dalam satu permainan maka dia akan mendapatkan kartu merah dan pemain akan dikeluarkan. 

Wasit bersiap mengeluarkan kartu dari kantongnya dengan menunjuk pemain yang melanggar dan mengacungkan kartu ke atas. Kemudian wasit menuliskan jenis pelanggaran dalam buku catatannya. 

  1. Pelanggaran yang berat  untuk permainan ini dengan kartu merah. Untuk pelanggaran  yang  berat maka wasit akan mengeluarkannya atau saat kartu kuning kedua. Contoh pelanggaran berat adalah ketika pemain melakukan kekerasan. Pemain tersebut tidak akan bisa mengikuti permainan dan harus keluar dari lapangan digantikan dengan pemain lain cadangan. 

Baca Juga : Cara Membuat Slime Tanpa Lem Mudah dan Aman Untuk Anak-Anak

Dalam permainan sepak bola seorang yang melakukan pelanggaran berat akan dihadiahkan kartu merah dari wasit pada pemainnya. Dengan begitu maka tidak diperbolehkan melanjutkan permainan dan harus meninggalkan lapangan. 

Lestari

E-mail : admin@backlinks4you.org

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*