Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku

  • January 18, 2021

backlinks4you.org – Daftar pustaka atau daftar referensi menjadi salah satu hal wajib dalam penulisan artikel penelitian ataupun buku. Melalui referensi pembaca akan lebih percaya terhadap suatu tulisan. Ada beberapa format dalam penulisannya, salah satunya adalah gaya American Psychological Association (APA). Gaya kutipan ini umumnya digunakan oleh penulisan artike atau buku ilmu sosial.

Dalam penulisannya terdapat format yang berbeda antara sumber dari internet, buku, atau yang lainnya. Oleh karena itu, agar tidak mengalami kesulitan dalam membedakannya. Yuk simak tulisan tentang tips menulis daftar referensi dari buku di bawah ini. 

Membuat masukan dasar 

  1. Nama penulis.

Dalam penulisan referensi, nama penulis di tulis pada bagian awal. Tulislah nama belakang terlebih dahulu, berikan tanda koma, lalu masukkan isial nama depan dan tengah. 

Contohnya :

  • Kiyosaki, R. T. 
  • Apabila ada dua penulis, pisahkan dengan “&”, contohnya (Kiyosaki, R.T. & Toer, P.A.). Sedangkan apabila ada 3 penulis ataupun lebih, Anda dapat menggunakan tanda koma untuk memisahkan penulis pertama dan kedua, kemudian lambang dan sesudah penulis kedua. 
  • Apabila Anda menggunakan sumber terjemahan, nama penulis asli yang dimasukkan. 
  • Apabila tidak tersedia, Anda dapat menggantinya dengan judul karya. 
  1. Tahun penerbitan

Berikan tanda kurung saat menuliskan tahun terbit. Apabila karya diterbitkan dalam beberapa edisi, gunakan tahun terbit edisi yang digunakan. Saat menggunakan karya terjemahan, tetap tahun penerbitan dari karya asli yang dicantumkan. 

  1. Judul 

Penulisan ini menggunakan teks miring. Jangan lupa untuk mencantumkan sub judul. Saat menuliskan judul, pakailah huruf kapital di huruf pertama pada kata pertama. 

  1. Masukkan edisi. 

Apabila Anda tidak menggunakan karya edisi pertama, masukkan nomor edisi diikuti tanda kurung setelah judul, kemudian tambahkan singkatan ed atau gunakan “edisi ke-x” dengan menambahkan tanda kurung. 

  1. Penerjemah atau editor. 

Anda dapat menambahkannya setelah judul dan edisi. Formatnya sama dengan menuliskan nama penulis. Namun untuk urutannya terdapat perbedaan, nama penerjemah atau editor ditulis inisial depan terlebih dahulu, kemudian baru nama belakang. 

  1. Lokasi beserta penerbit. 

Apabila karya yang digunakan diterbitkan di AS, pakailah kota dengan singkatan negara bagian. Jika diterbitkan di negara selain AS, Anda dapat memilih antara kota atau negara. Penulisannya dengan memasukkan titik dua setelah lokasi penerbitan, kemudian ditambahkan penerbit. 

  1. Tambahkan informasi tambahan jika dibutuhkan. 

Pada karya terjemahan, setelah lokasi serta penerbit cantumkan tanggal terbit karya asli di dalam tanda kurung. Pada buku elektronik, masukkan juga URL. 

Contoh buku cetak :

Kiyosaki, R.T. (2017). Increase your financial IQ. (R. Puspahadi). Scottsdale, AZ, Cahsflow Technologies Inc. (Original work published 2008).

Contoh buku elektronik : 

Smith, A. (1748). Poems on several occasions. Inggris : Glasgow. Diambil dari https://www.peterharrington.co.uk/

Baca Juga : Ini Dia Warna Rambut Untuk Kulit Kuning Langsat

Sekian pembahasan mengenai tips menulis daftar referensi dari buku baik cetak maupun digital yang bisa Anda lakukan. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Lestari

E-mail : admin@backlinks4you.org

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*